Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 4 December 2013

Pelatihan LP3 dan TPK3 PKK Mempertajam Pengetahuan Kader


KM. LENGGE WAWO,- Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3 PKK) dan pelatihan Tim Penggerak PKK dan Kelompok-Kelompok Pemberdayaan PKK (TPK3 PKK) di helat di aula kantor Camat Wawo. Kegiatan itu diikuti TP PKK Desa dan Kecamatan dan dibuka oleh Ketua TP PKK Kecamatan Wawo, Rukmini, S.Sos.

Ketua TP PKK Kabupaten Bima, Hj Indah Damayanti Putri, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan para pengurus TP PKK di Kabupaten Bima, TP PKK Kecamatan dan Desa dalam pengelolaan gerakan PKK melalui 10 program pokok PKK. Selain itu untuk membangun persamaan persepsi dalam mengemban tugas secara professional dan eksis.

Namun, katanya, yang perlu dibenahi dari TP PKK itu adalah mengenai pengelolaan administrasi. Tentu dalam pelatihan itu diharapkan seluruh peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan tersebut. Gunakan kesempatan itu untuk bertanya dan menggali pengetahuan dari para nara sumber. “Mudah-mudahan seusai mengikuti pelatihan ini, seluruh jajaran TP PKK Kabupaten Bima khususnya Kecamatan Wawo semakin cerdas melakukan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Bima,” katanya.

Guna mewujudkan pembangunan yang merata, katanya, tentunya harus menjangkau sampai kepada bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Karenanya, pemerintah harus memiliki mitra kerja yang berkompeten. Mitra pemerintah dalam pembangunan yang paling potensial adalah PKK. Sebab, PKK hadir dengan program-program kerja yang selaras dengan program pemerintah guna terwujudnya keluarga sejahtera. Sebagai mitra pemerintah, jelas istri Bupati Ferry ini, PKK harus mampu memberikan peran bantu yang signifikan. Untuk itu PKK selalu akan meningkatkan kualitas gerakannya. Berkenaan dengan hal itu diperlukan pemantapan pengelolaan gerakan PKK dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna.

 “Nanti masalah pengelolaan administrasi kita akan menjadikan beberapa kecamatan sebagai kecamatan contoh dalam pelaksanaan PKK yang bagus, semoga PKK Kecamatan Wawo juga termasuk TP PKK Contoh,” katanya.

Hal senada dikemukakan Ketua TP PKK Kecamatan Wawo, Rukmini, S.Sos. Untuk mewujudkan keinginan itu TP PKK menggelar pelatihan LP3 PKK dan TPK3 PKK. Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan dapat menajamkan gerakan TP PKK Kecamatan Wawo hingga tingkat kecamatan sebagai lini terdepan. “Melalui pelatihan LP3 PKK dan TPK3 PKK akan memeprtajam pengetahuan para kader, terutama dalam meningkatkan manajemen pengelolaan, administrasi dan ketrampilan,” ungkapnya di Wawo, Senin. (AJI)

1 comments:

Post a Comment