Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 29 Januari 2014

Jajaran UPT Dishut Wawo Giat Menanam



KM LENGGE WAWO,- Untuk menghijaukan kawasan hutan, terutama dipinggir-pinggir jalan protocol.  Seluruh jajaran UPT Dinas Kehutanan Kecamatan Wawo, dalam beberapa hari terakhir terus melakukan penanaman bibit pohon di sepanjang jalan lintas Bima-Sape. Bahkan jumlah bibit yang ditanam tersebut hingga kini sudah mencapai 800 lebih pohon.  


Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kehutanan Kecamatan Wawo, Ruslan, SP, saat ditemui Koran disela-sela melakukan penanaman bibit bersama seluruh jajarannya, kemarin mengatakan, jenis bibit (Pohon) yang ditanam disepanjang jalan protocol jalan lintas Bima-Sape, tepatnya mulai ujung timur Desa Raba Kecamatan Wawo hingga perbatasan dengan Desa Sari tersebut, adalah pohon Trambesi.
“Pohon trambesi ini setiap hari terpaksa saya angkut menggunakan sepeda motor dari dari Dinas Kehutanan Kabupaten Bima menuju kewilayah Wawo, kalau pakai mobil tidak ada biaya operasional,” ujarnya.
  
Menurutnya, diprioritaskan penanaman bibit jenis trambesi, karena hanya pohon itulah satu satunya yang tidak dimakan oleh hewan ternak milik masyarakat, seperti kambing, kerbau dan sapi. Kalau saja pihaknya melakukan penamanan bibit jenis yang lain tanpa dilakukan pemagaran, seperti jati putih, jato local, muhuni dan lainnya, maka usia bibit yang baru ditanam tersebut tidak mungkin bertahan lama, karena dalam sekejap mata habis dimakan oleh hewan ternak dimaksud.

Diakuinya, jumlah pohon trambesi yang telah ditanam oleh pihaknya bersama seluruh personil UPT Dinas Kehutanan Wawo, hingga kini sudah mencapai 800.  Jumlah ini bisa bertambah lagi, karena dalam beberapa hari kedepan, pihaknya akan terus melakukan penanaman di lokasi tersebut. “Panjang lokasi yang sudah kita lakukan penananam ini sudah mencapai 5 Kilometer, mulai Desa Raba hingga memasuki perbatasan dengan Desa Sari Kecamatan Sape,” cetusnya. 

Ruslan menambahkan, kegiatan penanaman yang sudah mencapai 800 lebih pohon tersebut, sama sekali bukan proyek yang bernilai jutaan rupiah. Akan tetapi hal ini merupakan inisiatif sendiri dari pihaknya selaku kepala UPT Dinas Kehutanan Kecamatan Wawo, untuk memanfaatkan waktu musim hujan yang sedang berjalan saat ini.

Pihaknya mengaku akan memanfaatkan  sepenuhnya musim hujan ini untuk menanam bibit di pinggir-pinggir jalan protokol, dengan harapan, ratusan pohon yang telah ditanam tersebut kedepannya bisa tumbuh menjadi besar, sekaligus menghijaukan kembali kawasan hutan, terutama di pinggir-pinggir jalan protokol mulai dari Desa Raba Wawo hingga perbatasan dengan Desa Sari Kecamatan Sape.  

Tidak hanya itu, dalam beberapa hari kedepan, pihaknya juga akan melakukan tambal sulam pada sejumlah pohon trambesi yang ditanam setahun yang lalu disepanjang jalan protocol mulai dari Wawo hingga pintu gerbang perbatasan wilayah Kota Bima. Karena saat ini sebagian bibit yang telah ditanam setahun lalu itu kondisinya telah layu, bahkan sebagian sudah mati.  “Makanya dalam beberapa hari kedepan, kami akan menanam ulang sebagian pohon trambesi disepanjang dilokasi ini,” tandas Ruslan. (YAR) 

0 komentar:

Posting Komentar