Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 14 January 2014

Kawasan Mata Air Oi Wobo


KM. Lengge Wawo,- pada suatu masa indra jamrud berjalan seorang diri kearah timur istana bima, dikisahkan Indra jamrud menghilang di suatu daerah yang sekarang dikenal dengan nama Kodo, dan menampakan diri di suatu daerah yang bernama Maria, disebuah sumber mata air yang bernama “oi wobo”(Kerajaan Bima Dalam Sastra dan Sejarah-Henry chambert loir)

Oi wobo adalah salah sumber mata air yang terdapat diujung selatan Dusun Sanolo Desa Maria Kecamatan Wawo, oi wobo adalah sebenarnya adalah kumpulan beberapa mata air yang saling berkaitan satu dengan lainnya, yang terletak paling ujung dan dekat dengan pemukiman masyarakat adalah mata air induk yang menjadi pusat kehidupan masyarakat wawo karena mata air sebagian digunakan oleh PDAM untuk air minum masyarakat wawo, dan sebagian lagi dari mata air ini adalah suatu tempat yang tidak asing lagi bagi kita yaitu Kolam renang Wawo atau Pasanggrahan Wawo. Air renbesan dari sini digunakan oleh masyarakat terdekat untuk keperluan mandi, mencuci dan lain sebagainya.

Kira kira beberapa meter kebawah adalah mata air kedua, mata air ini lebih kecil dari mata air utama, sejak puluhan tahun silam mata air ini digunakan pleh masyarakat sekitar sebagai tempat mandi, mencuci, dan bahkan sebagai air minum, tidak mengherankan memang, karena dari mata air ini menyembur rembesan air yang benar benar jernih dan meman terasa menyegarkan dan manis pas kita minum. Oleh masyarakat Desa Maria mata air ini lebih dikenal dengan “oi woha” karena letaknya memang ditengah tengah dua mata air.


Sedikit menyusuri aliran air menuju kebawah, dengan pemandangan alam yang super menakjubkan kita akan menjumpai sebuah mata air terakhir dari deretan tiga mata air oi wobo, yaitu “oi wontu”, nah di mata air inilah dikisahkan dulu indra jamrud muncul secara tiba tiba sehingga mata air ini oleh masyarakat dulu dinamakan oi wontu (wontu dalam bahasa Bima artinya muncul secara tiba tiba).

Oi wontu dikelilingi masih dikelilingi oleh rimbunnya pohon pohon besar yang sangat indah, dan tempat ini menjadi rekomendasi kami untuk para pembaca karena lokasi ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi untuk melepaskan lelah dari penatnya berbagai rutinitas kehidupan. Keadaan mata air oi wontu sedikit lebih lebar dari mata air “oi woha”. (GALANK)


0 comments:

Post a Comment