Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 10 March 2014

Turelinggampo,Saksi Bisu Sejarah Masuknya Islam Di Kecamatan Wawo



KM. LENGGE WAWO,- Disebuah desa dikecamatan Wawo tepatnya di dusun Ronamasa Rt. 16 Rw.03 desa Kambilo berdiri sebuah masjid yang oleh masyarakat setempat diberi nama masjid Babussalam Kambilo,masjid ini adalah masjid tertua di kecamatan Wawo bahkan menurut sejarah masjid ini masuk dalam beberapa masjid yang menjadi masjid pertama di kabupaten Bima.

Dulu masjid ini memiliki nama masjid Turelinggampo,dan sedikit kami kait-kaitkan dan juga penuturan dari salah seorang warga yang kami temui di masjid Babussalam nama turelinggampo kemunkinan diambil dari nama ncuhi turelinggampo yang kita ketahui adalah pemimpin dari 7 majelis adat kesultanan Bima,kemunkinan besar masjid ini dibangun berdasarkan instruksi dari turelinggampo.

Tak ada seorangpun warga yang mengetahui kapan dan oleh siapa masjid ini dibangun,proses pembuatannyapunmasih menjadi misteri bagi warga masyarakat sekitar masjid. Berdasarkan penuturan dari H.Abdul kadir (70) warga desa kambilo,sebelum direnovasi dasar masjid ini terbuat dari tanah yang dicampur dengan sekam,dindingnya dari papan kayu bahkan atapnya pun terbuat dari kayu yang disebut dengan Sire.Masjid ini direnovasi untuk pertama kalinya sekitar tahun 1940an dan kemudian direnovasi untuk kedua kalinya sekitar tahun 1950an,pada renovasi kedua ini sekaligus dilakukan penggeseran terhadap posisi masjid.

Pergeseran posisi masjid ini mengakibatkan keberadaan benda benda dalam masjid juga ikut berpindah,sebelumnya mimbar masjid masih menggunakan sebuah batu dan juga ditemukan benda benda seperti tongkat dari besi, pedang dan lain sebagainya dan diyakini oleh masyarakat sekitar adalah peninggalan dari pendiri masjid. (GALANK)

0 comments:

Post a Comment