Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sabtu, 07 Juni 2014

Desa Maria Dinilai Tim Propinsi NTB


KM LENGGE WAWO,- Tim penilai Lomba Desa Terintegrasi dengan lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi NTB, menilai Desa Maria Kecamatan Wawo. Kadatangan tim penilai tersebut disambut dengan meriah serta menampilkan berbagai antraksi budaya oleh panitia lomba desa Maria.

 
Kadatangan tim penilai propinsi yang diketuai oleh Ir. Tajudin Erfandi, M. Sc  dan rombongan tim berjumlah kurang lebih 38 orang ini disambut hangat oleh Camat Wawo, Syafruddin Daud, S. Sos, Kepala Desa Maria, Nurdin HM. Saleh, anggota Muspika dan ketua panitia, H. Lukman Rasyid, S. Pd. Tidak hanya itu KUPT beserta staf instansi yang berada di kecamatan Wawo beserta ratusan masyarakat menyambut kedatangan tim penilai ini.

Mewakili Bupati Bima,  Asissten III Drs. HA Wahab mengucapkan selamat datang di desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima kepada Tim penilai Lomba Desa Terintegrasi dengan lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi NTB. Dalam sambutannya wahab mengungkapkan bahwa desa Maria adalah desa yang selama ini lingkungannya terlihat tertata dengan baik sejak dulu. “Saya tau persis Kecamatan Wawo terutama Desa Maria, karena saya memiliki kedekatan dengan masyarakat desa Maria, karena saya pernah tinggal dan menjadi Camat Wawo dulu”, ujar Wahab.

Lebih lanjut Wahab memaparkan, bahwa desa Maria sudah tidak diragukan lagi dalam hal pendidikan, karena parameternya profesor pertama di NTB H. Karim Sahidu putra asli yang lahir di desa Maria. Sekita tahun 90an putra-putri pelajar dari desa Maria juga pernah menjuarai lomba Cerdas Cermat tingkat Nasional yang di adakan oleh TVRI. Masih banyak prestasi lain yang tidak bisa kami sebut satu persatu.

Semua indikator yang dinilai dalam lomba ini sudah dipenuhi oleh desa Maria. “ Saya pikir aspek-aspek untuk penilaian dalam 12 indikator penilaian sudah terpenuhi oleh desa Maria, jadi wajar kalau desa Maria nantinta mewakili NTB untuk ajang Nasional”, ujar wahab disambut tepuk tangan oleh masyarakat.

Ketua tim penilai, Ir Tajudin R Fandi, M.Sc, mengatakan, Ketika awal masuk ke Desa Maria auranya memang terasa berbeda, sambutannya masyarakatnya luar biasa, lain dari pada yang lain. Hal ini yang berbeda denga desa-desa lain. “Awal turun dari mobil tadi sambutanya meriah sekali dan atraksi budayanya luar biasa, semoga saat kami turun ke lapangan memantau dan memeriksa indikator penilaian juga luar biasa”, ujar tajudin.

Tajudin juga mengatakan bahwa Lomba desa ini, katanya, setiap tahun dilaksanakan. Tujuannya untuk mengevaluasi program dua tahun terakhir, terutama perkembangan ekonomi masyarakat, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan kelembagaan yang ada di masyarakat, dan lainnya. Disamping itu juga lomba ini dapat mendorongan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan pembangunan, terutama semangat bergotong royong. “ Budaya gotong royong ini harus dipertahankan. Pemerintah tidak akan mampu melaksanakan seluruh program tanpa bantuan dan partisipasi masyarakat”. Ujarnya.

Kepala Desa Maria, Nurdin HM Saleh, memaparkan tentang perkembangan indikator desa Maria 2tahun terakhir dan menyampaikan laporan tentang keadaan desa setempat dalam berbagai aspek, terutama sepuluh indicator. Setelah acara penyambutan selesai didampingi oleh panitia beserta masyarakat desa Maria tim langsung turun lapangan untuk menilai. (EFAN)

0 komentar:

Posting Komentar