Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 13 Agustus 2014

Cerminkan Ramadhan dalam Keseharian Kita


KM LENGGE WAWO,- Bulan Ramadhan telah kita lewati, saat ini kita berada di bulan Muharam Hijriyah, artinya 17 hari dibulan Ramadhan telah berlalu dihadapan kita. Bulan Ramadhan dalam kalender Islam adalah bulan suci bagi umat Muslim diseluruh dunia, dimana di bulan Ramadhan terdapat salahsatu rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yaitu berpuasa. 


Dalam Al-Quran Allah Swt memerintahkan seluruh umat Islam untuk berpuasa apabila mampu dan memenuhi aqil balik, dan itu hukumnya wajib bagi yang memenuhi syarat dan rukun puasa. Namun lebih jauh ada beberapa hal yang secara pribadi saya perhatikan selama ini yaitu 11 bulan setelah bulan Ramdahan. Saya teringat khutbah khatib saat Sholat Sunat Idul Fitri yang lalu, salahsatu point yang menjadi bahan renungan saya adalah bulan Ramadhan adalah dimana bulan kita dilatih untuk mempertebal semua amal ibadah. Bulan Ramadhan dimana didalamnya semua amal kebaikan kita dilipatgandakan dan bulan Ramadhan adalah bulan untuk melatih kita berbuat baik di sebelas bulan berikutnya.
 
Nah, kalimat terakhir ini yang membuat saya merenungi baik pribadi saya maupun orang-orang disekitar saya, bahwa selama bulan Ramadhan saat menjalani ibadah puasa semua tindak tanduk, tingkah laku maupun perbuatan kita selalu kita jaga dengan penuh hati-hati. Kadang-kadang kalau kita sedikit berbuat salah kita cepat mengingat Allah dengan menyebut Astagfirullah, saking hati-hatinya terhadap khilaf atau salahnya kita saat itu.

Setelah bulan Ramadhan lewat dihadapan kita, segala lisan maupun perbuatan yang kita jaga saat di bulan Ramadhan kadang tidak terkontrol lagi. Kadang hal ini terjadi pada diri saya pribadi. Saya bertanya dalam hati, seandainya kita mampu menanamkan tingkah laku, amal perbuatan dan ibadah kita semua saat sperti dibulan Ramadhan, alangkah indahnya kerukunan kita selama ini.

Mari kita belajar sedikit demi sedikit me Ramadhankan hari-hari kita dalam pergaulan dan hidup bermasyarakat, mulai dari hal yang kecil dan nanti akan besar dan terbiasa melakukan tindakan yang baik, menjaga lisan dan tingkah laku kita. Kita harus mampu bercermin dibulan Ramadhan agar bulan-bulan yang lain kita berlakukan hati kita seperti hati kita saat di bulan seribu bulan itu. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar