Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 15 Maret 2015

Tim Ekpedisi NKRI Sosialisasi Potensi Bencana


KM LENGGE WAWO,- Tim Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mengunjungi Wawo beberapa hari yang lalu melakukan berbagai kegiatan di Kecamatan Wawo. Tim Ekpedisi NKRI ini terdiri dari berbagai unsur yaitu Anggota TNI,  Polri, peneliti dari Universitas , dan elemen masyarakat laiinya. Mereka mengunjungi kecamatan Wawo selama empat hari setelah berkordinasi dengan Camat, Danramil dan Polsek Wawo.

Ketua tim di kecamatan Wawo Letda Bambang Wiratno mengatakan “kedatangan Tim Ekpedisi NKRI ini melaksanakan berbagai kegiatan, seperti bakti social, penelitian dan penjelajahan. Tim Ekpedisi NKRI yang berjumlah 10 orang ini mengnap di Pasagarahan Oi Wobo,”ujarnya

Sebelum mengunjungi kecamatan Wawo tim telah memetakan keadaan topogorafi wilayah kecamatan Wawo. Sehingga menurut Tim Ekpedisi NKRI dari unsur Mahasiswa “bahwa kecamatan Wawo adalah dataran tinggi yang berpotensi  rawan dengan bencana longsor. Hal ini dibuktikan dengan struktur tanahnya yang cepat larut dengan air, sehingga berpotensi menimbulakan longsor,” ungkap Alifi salahsatu tim dari Universitas UGM Fakultas Bioloigi.

“Salahsatu contohnya adalah jalan lintas Bima Wawo, menurut informasi masyarakat, bahwa longsoran jalan lintas Bima Sape di area hutan sudah terjadi sejak dulu, sehingga harus ditanggani dengan segera karena jalan ini merupakan satu-satunya jalan penghubung di bagian timur Bima”, ujarnya.

Disamping itu juga Tim Ekpedisi NKRI melakukan pembinaan yang berkaitan dengan potensi bencana, dan penanganan bencana terhadap warga desa di Balai Desa Maria, Ntori Maria Utara dan sejumlah desa lainnya.

Dari hasil Ekpedisi ini diharpakan mampu meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap potensi untuk menghadapi bencana, kehidupan social bermsayarakat. Dismping itu juga Tim Ekpedisi yang tersebar di sebagain Kabupaten Bima nanti akan mengumpulkan data untuk dibuatkan peta potensi bencana agar masyarakat cepat mengatasi resiko bencana kedepan. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar