Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sabtu, 23 Mei 2015

SMAN 1 Wawo Lolos SNMPTN


KM LENGGE WAWO,- Dalam beberapa tahun terakhir ini, para siswa-siswi SMAN 1 Wawo kerap mencetak prestasi yang sangat membanggakan bagi dunia pendidikan diwilayah Kecamatan Wawo dan Kabupaten Bima pada umumnya. Salah satu contoh, saat ini sebanyak 30 orang siswa SMAN 1 Wawo telah dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2015 melalui system On-line.


Kepala SMAN 1 Wawo, Muhtar H. Abidin, S.Pd saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, kepastian kelulusan 30 orang mantan anak didiknya tersebut berdasarkan hasil pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh pihak Panitia seleksi (Pansel) SNMPTN tingkat nasional beberapa hari yang lalu.     

Menurutnya, dari sebanyak 30 siswa yang dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN tersebut, hanya satu yang lolos di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Sedangkan 29 orang lainnya akan masuk pada Universitas Mataram (Unram), bahkan satu orang diantara mereka berhasil menembus Fakultas Kedokteran pada salah satu PTN ternama diwilayah NTB ini. “Yang lebih membanggakan lagi, dari sebanyak 30 orang siswa SMAN 1 Wawo yang lolos PTN ini, 26 diantaranya dipastikan akan mendapat beasiswa Bidik misi dari pihak kampusnya masing-masing,” ujarnya.

Setelah mendapatkan kepastian kelulusan di dua PTN yang cukup terkenal di Indonesia ini, sebanyak 30 orang mantan anak didiknya tersebut saat ini telah berangkat ke Unram dan Undip untuk mengikuti sosialisasi yang diadakan oleh pihak kampusnya masing-masing. Selain itu lanjut Muhtar, dari sebanyak 212 siswanya yang dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN), Jum,at pecan lalu, 60 lebih orang diantaranya saat ini telah mengambil surat pengganti ijazah sementara untuk masuk diberbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. 

Hal ini menunjukan bahwa animo para siswa atau anak-anak di SMAN 1 Wawo untuk melanjutkan studinya (Kuliah) di perguruan tinggi cukup meningkat. “Saya berharap, setelah kuliahnya nanti, para alumni SMAN 1 Wawo ini bisa mendapatkan pekerjaan dan masa depan yang lebih baik guna membahagiakan kedua orang tua dan keluarganya masing-masing,” cetusnya.

Olehnya itu, ia mengharapkan kepada pihak pemerintah, terutama pemerintah Kabupaten Bima, agar bisa membuka sekaligus menyiapkan lapangan pekerjaan bagi para sarjana minimal (S-1) yang telah menyelesaikan studinya diberbagai perguruan tinggi di Indonesia tersebut, baik untuk para sarjana jebolan alumni dari SMAN 1 Wawo ini maupun para sarjana-sarjana lainnya yang tersebar diberbagai wilayah Kabupaten Bima. “Saya harapkan pada pihak pemerintah ini semata-mata untuk mengurangi angka pengangguran. Karena berdasarkan realita yang terjadi saat ini, tingkat pengangguran khususnya diwilayah Bima semakin meningkat,” pungkasnya.


Muhtar menambahkan, pemikiran dan gagasan cemerlangnya tersebut semata mata bertujuan untuk menyelamatkan masa depan anak terutama para sarjana, sekaligus juga sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran dimaksud. Salah satu contoh, akibat kurangnya lapangan kerja yang disediakan oleh pemerintah itu, saat ini sangat banyak sarjana-sarjana di Kabupaten Bima, khususnya diwilayah Kecamatan Wawo yang terpaksa menjadi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kepala dusun, ada juga yang melamar menjadi anggota PPK, PPS, Panwaslu, ikut calon kepala desa dan anggota dewan, bahkan ada juga yang kembali menjadi petani biasa demi mendapatkan sebuah pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. (YAR)  

0 komentar:

Posting Komentar