Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 17 Agustus 2014

Pawai Budaya HUT RI Tampilkan atraksi Budaya


KM LENGGE WAWO,- Rangkian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan Wawo untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69, Minggu (17/8/2014) Pawai Budaya yang dikuti oleh, siswa-siswi puluhan sekolah yang ada di kecamatan Wawo, instansi pemerintah, dan siswa-siswi taman kanak-kanak.

Kegiatan ini berlangsung meriah, antusias peserta mengikuti pawai budaya dalam rangka memperingatu HUT RI ke 69 ini cukup meriah. Ratusan masyuarakat memadati sepanjang jalan yang dilalui oleh peserta pawai budaya.

 

Pawai budaya yang berlangsung minggu siang sekitar pukul 14.00 witta ini terbagi dalam 2 rute star. Untuk rute star siswa taman-kanak dan orang tua siswa dimulai dari depan SMA 1 Wawo di dusun Foomboto Desa Maria. Sedangkan rute ke dua adalah star dari lapangan desa Kambilo untuk siswa-siswi SD hingga SMA dan instansi serta ormas, dan finis di lapangan Umum Wawo.
 
 
Berbagai atribut dan sarana yang digunakan oleh para peserta saat pawai berlangsung. Dari pakian adat, pakaian pengantin, polisi, tentara, PNS hingga berlagak seperti ibu hamil dan waria mereka peragakan untuk menghibur masyarakat dan memeriahkan HUT RI ke 69 ini.
 
 
Bahkan miniatur cagar Budaya Situs LENGGE dibuat dan diarak saat pawai dan diringi oleh kesenian tradisional Mpa’a Manca oleh siswa SD dan beberapa Pemuda yang tergabung dalam Komunitas Sampela Lengge Maria.


Kegiatan ini cukup menarik dan menghibur, gerakan lincah dan cara jalan para siswa TK saat berjalan bah berjalan di atas catwal. Hal ini mengundang decak kagum dan tertawa para penontoin yang berdiri sepanjang jalan menyaksikan pawai tersebut.
 
 
Nurjanah (45) warga desa Pesa ini saat ditanya sedang tertawa bersama ibu-ibu lainnya karena menyaksikan lucunya siswa TK saat pawai. “Anak anak TK yang mengikuti pawai sangat lucu seperti bebek yang sedang berjalan beriringan mengikuti induknya”,ujar ibu Janah.


 
“Kegiatan ini sangat menghiburmasyarakat, kami berharap acarapawai budaya seperti ini tetap ada dan harus dilaksanakan, kalau bisa kami ibu-ibu juga diundang”, ungkapnya sambil di amini oleh rekan-rekannya.

 

Peserta pawai disambut oleh para jajaran Muspika, kepala sekolah dan kepala desa se kecamatan Wawo di atribut yang telah disediakan beserta masyaraka serta ratusan penonton di lapangan umum Wawo. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar