Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 15 Desember 2014

Siswa SDN 1 Maria Latihan Marawis



KM LENGGE WAWO,- Sekolah dasar negeri (SDN) 1 Maria merupakan salahsatu sekolah yang menonjol dalam bidang kesenian. Berbagai prestasi yang ditorehkan dari tingkat kecamatan hingg tingkat Nasional. Tidak heran sekolah ini selalu menjadi kiblat bagi sekolah lain dikecamatan Wawo dalam bidang kesenian.

Salahsatu kesenian yang sedang digenjot oleh SDN 1 Maria 3 bulan terakhir ini adalah kesenian Marawis. Lantua gendang dan tari serta suara lagu arabiah terdengar dari mulut-mulut siswa-siswinya saatlatihan didalam kelas saat jam istirahat.

Kepala sekolah dan guru SDN 1 Maria terlihat antusias melatih siswanya untuk memainkan alat-alat marawis seperti gendang, gong, dan alat lainnya. Jam istrahat usai mengajar guru-guru ini terlihat bersemangat melatih siswanya. Apalagi semangat dari tangan-tangan mungil ini memukul gendang saat latihan Marawis.

Kepala SDN 1 Maria, Muhammad Saleh, S. Pd mengatakan bahwa sekolah kita memang sedang giat-giatnya melatih siswa dengan kesenian Marawis. Banyak kesenian yang telah dikuasai oleh siswa. Tari daerah, lagu-lagu daerah telah dikuasai dengan baik. Namun Marawis saat ini sedang kita kembangkan untuk dipelajari oleh siswa-siswa.

“Siswa-siswa yang kita latih ini akan tampil diberbagai perhelatan nantinya. Dalam Waktu dekat mereka akan tampil di pembukaan MQ tingakt kecamatan Wawo. Makanya siswa-siswi ini kita latih dengan baik agar tampil perdana denagn apik diatas panggung,” ujar Saleh.

Salahsatu guru pembina Kesenian Marawis, Minarni mengatakan, Siswa dilatih denagn berbagai aspek, siswa-siswi ini kita pilih dan seleksi. “Mereka kita latih dari cara memukul gendang, suara,dan gerakannya harus berpadu agar indah dilihat,”pungkasMinarni.

Disamping itu kesenian Marawis ini menjadi kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi SDN 1 Maria. Seni itu penting melatih jiwa anak-anak agar berkarakter dan disamping itu juga menjaga dan melestarikan kesenian budaya bagi bangsa. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar