Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Minggu, 10 Mei 2015

Sosialisasikan Bahaya Kanker Rahim


KM LENGGE WAWO,- Mencegah lebih baik daripada mengobati. Inilah simpulan sosialisasi Kanker serviks atau yang juga disebut sebagai kanker mulut rahim. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita.


Sebanyak 75 peserta yang merupakan perwakilan dari organisasi wanita TP. PKK, Dharma Wanita Persatuan (DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan beberapa organisasi wanita yang bernaung dibawah GOW Kabupaten Biam Rabu (6/5) mengikuti kegiatan  Sosialisasi tentang kanker serviks ato kanker leher rahim di Aula Kantor Bupati Bima.

Sosialisasi yang difasilitasi Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bima ini menghadirkan Narasumber ahli dokter spesialis kandungan (Obstetri Ginekologi) dr.wijaya,S.POg. Menurut dr. Wijaya,  "kanker servix disebabkan oleh virus hpv dan bukan disebabkan oleh beberapa makanan. Namun resiko penyakit ini diperbesar oleh beberapa faktor diantaranya merokok, berganti pasangan.

Penyebab lainnya adalah karena faktor  melakukan hubungan sex pertama kali dibawah umur 18 tahun dan tidak melakukan deteksi dini penyakit ini.

Dokter spesialis  yang bertugas pada RSUD Bima ini memaparkan, untuk pencegahan penyakit kanker rahim, BPJS cabang Bima telah menjalin kerjasama dengan laboratorium pemeriksaan kesehatan  Prodia melalui  pemeriksaan "pap smear atau deteksi dini kanker servix gratis".

Bagi peserta BPJS, mendapatkan akses pelayanan pemeriksaan dengan membawa foto copy kartu BPJS, kartu ASKES atau kartu Jamkesmas dan diutamakan berusia 30 tahun ke atas. Ketentuan lainnya kata dr. Wijaya, "pemeriksaan dilakukan minimal 3 hari setelah haid".

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima melalui Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer Miftahul Jannah, SKM mengatakan, Kegiatan penyuluhan langsung "Sosialisasi Kanker Leher Rahim (cancer Serviks) yang diselenggarakan BPJS  kesahatan yang secara khusus menghadirkan narasumber dr. Wijaya, Sp.Obg ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat tentang penyakit kanker mulut rahim.

Pegawai BPJS yang akrab disapa Ana ini menjelaskan, "wanita terutama peserta BPJS  kesehatan agar tidak lagi malu dan mau memeriksaan diri mereka sebagai upaya deteksi dini ada tidaknya. Kanker rahim dalam diri masing-masing.


"Kalau bukan diri sendiri, lalu siapa lagi? Ayo segera periksakan diri baik Pemeriksaan IVA  di Puskesmas dan Pap Smear yang bekerjasama dengan Lab. Prodia yang secara gratis untuk peserta BPJS Kesehatan". Ajaknya. HP BIMA (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar