Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 28 Juni 2016

Wabup Hadiri Peringatan Hari Narkotika Internasional


KM LENGGE,- setiap tanggal 26 Juni di wilayah Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima berlangsung Minggu (26/6) di Lapangan Serasuba Kota Bina. Pada peringatan yang mengangkat tema "Mendengarkan Suara Hati Anak-Anak Dan Generasi Muda Merupakan Langkah Awal Untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat Dan Aman Dari Penyalahgunaan Narkoba” tersebut, Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).



Wabup Dahlan yang merilis kepala BNN mengatakan, "peringatan HANI ini diharapkan dapat menggerakkan, mendorong dan membangun solidaritas seluruh komponen masyarakat  dalam Pencegahan,  Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang masih menjadi ancaman.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Perkembangan Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia yang merupakan penelitian BNN dengan PUSLITKES UI tahun 2015, menunjukkan bahwa angka prevalensi penyalahgunaan narkotika di provinsi NTB berada di peringkat Ke-29 dari 34 provinsi yaitu 1,60 %. atau  55.359 orang  dari jumlah penduduk 3.467.700 jiwa dimana setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan.

Dalam hal penanggulangan Narkoba ini, beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah, yaitu masih sulitnya menyamakan resepsi pemangku kepentingan dalam ikut mendukung program P4GN, kurang tanggapnya masyarakat terhadap permasalahan Narkoba karena pemahaman yang masih rendah. Aspek lainnya yang dihadapi yaitu belum adanya sinergi antar kementrian/lembaga, organisasi dan masyarakat dalam penanganan P4GN serta belum adanya standarisasi program dan metode rehabilitasi yang berlaku di Indonesia.

Terakhir, kata Dahlan, "tantangan yang dihadapi adalah tidak memadainya peralatan teknologi pendukung pendeteksi jaringan, terbatasnya personel penindakan dan sarana prasarana pendukung operasi, kurangnya dukungan negara-negara lain untuk ikut serta memutus jaringan peredaran gelap Narkoba, dan keterlibatan oknum-oknum yang aparat yang menghambat kegiatan pemberantasan serta terbatasnya dukungan anggaran kegiatan penyelidikan dan penyidikan karena masalah pembuntutan/penelusuran dan pengungkapan jaringan.


Pada kesempatan tersebut hadir pula Wakil Bupati Dompu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima H. Muhammad H. Ibrahim, SE Kabag Administrasi Kesra Kota Bima, Kepala BNNK Bima Kompol Jolmadi, Ketua MUI Kabupaten  Bima TGH. Abdurahim Haris, MA, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima dan LSM  pegiat Anti Narkoba.  Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan LSM yang dinilai memberikan kontribusi nyata dalam penanganan P4GN. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar