Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 31 Oktober 2016

Petugas PPID Harus Melek IT


KM LENGGE,- Petugas PPID harus memiliki kemampuan dibidang teknologi informasi. "Kedepannya petugas PPID harus melek teknologi informasI jangan Gaptek alias gagap teknologi." demikian dikatakan Umar konsultan PPID saat visitasi terakhir lomba PPID SKPD di Dinas Peternakan.


Saat ini, pemerintah sedang fokus mengembangkan e-government. Penerapan e-government tidak dapat dihindari, mengingat perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemerintahan secara signifikan. Untuk itu, perlu SDM yang mendukung program pemerintah tersebut.

"Nah, termasuk pelayanan PPID kedepannya di SKPD harus berbasis IT, masa sih pelayanan masih sama di era tahun 80an. Kita inikan sudah di era digital teknologi" pinta Umar

Umar berharap bahwa Pemerintah Daerah harus memberdayakan petugas PPID misalnya dengan mengagendakan program pelatihan untuk seluruh Petugas PPID karena Petugas PPID harus memiliki keahlian khusus tidak sekadar kemampuan administratif mengelola informasi.

“tidak sulit kok, misalnya dengan memberikan kursus singkat pengelolaan email dan website secara reguler,” ujar Umar

M. Irfan Kabid Kominfo juga mengatakan penting petugas PPID menguasai IT pertama akan mempercepat proses pemberian dan penerimaan pelayanan informasi kepada para pengguna jasa informasi.

"PPID kedepannya harus menjadi pelayan yang berbasis informasi dan tekonologi (ICT Based Entreprise), salah satunya penggunaan corporate email,” ujar Irfan

Dengan email, pekerjaan akan lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan, karena secara otomatis dapat mengurangi penggunaan kertas di meja kantor serta tenaga ekspedisi. 


“Jadi tidak ada alasan bagi petugas PPID untuk tidak mengoptimalkan email sebagai sarana bantu di dalam bekerja. Membuka email minimal satu kali sehari,” pintanya. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar