Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 28 November 2016

Terus Mencoba, Kunci Sukses Wirausaha


KM LENGGE,- “Salah satu kunci kesuksesan dalam meniti wirausaha adalah rasa ingin tahu yang besar untuk terus mencoba dan memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga mendapatkan hasil yang baik. Bagi peserta perempuan, misalnya dalam membuat kue untuk mendapatkan resep  terbaik maka harus melakukan beberapa kali usaha. Demikian halnya ketika membuka bengkel reparasi kendaraan bermotor, seorang teknisi harus terus-menerus melakukan peningkatan kemampuan diri”.


            
Demikian ungkap Ketua Tim Penggerak  PKK Kabupaten Bima Ny. Rostiati Dahlan, S.Pd saat memaparkan materi Pengembangan Kapasitas (character building) pada Pelatihan Berbasis Kompetensi yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementerian Tenaga Kerja RI Angkatan VII Rabu (23/11) di UPT LLK Dinas Tenaga Kerja Jatiwangi. 

Dihadapan 80 peserta yang terdiri dari 31 peserta Wanita dan 49 Laki-laki yang berasal dari lima kejuruan tersebut, Rostiati memaparkan “Pemerintah Daerah melalui instansi teknis seperti Dinas Tenaga Kerja terus berupaya meningkatkan keterampilan para pencari kerja agar mampu bersaing dalam menciptakan dan memasuki dunia kerja.  

Wanita yang juga berprofesi sebagai guru ini, mengatakan, “untuk membuka usaha, perlu ditanamkan rasa percaya diri, dan untuk percaya diri tidak hanya memerlukan kemampuan teknis tetapi juga kemauan, kerja keras dan terus-menerus untuk belajar baik melalui jalur formal maupun jalur nonformal”. Jelasnya. 
Dikatakan Rostiati untuk membuka kegiatan usaha diperlukan keterampilan khusus yang berbeda dari jalur formal misalnya untuk membangun bengkel dan usaha makanan dan beberapa jenis usaha lainnya yang penting dibangun dalam masyarakat adalah usaha untuk berbuat baik. Disamping itu lanjutnya, “untuk dapat berhasil, seseorang harus menanamkan kepedulian di dalam dirinya dan memulai dari hal-hal yang kecil. Contohnya, ketika di hadapan  kita ada sampah, maka harus membersihkannya dan jangan menganggap ada petugas yang mengerjakan”. terangnya.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah perlunya membangun hubungan baik melalui silaturahmi dan bersosialisasi. “Kalau bisa bersosialisasi dengan baik, maka  kita akan berbakat menjadi pemimpin dan membuka peluang usaha.   


Menutup pemaparannya, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima  menyampaikan, “tularkan hal positif bagi masyarakat melalui keterampilan yang dimiliki. Pelatihan dan kursus yang diikuti peserta merupakan salah satu cara membangun kepercayaan dari diri sebelum memulai kegiatan usaha. Makanya, meskipun kadang terasa berat untuk memulainya, tetapi kalau sudah berhasil melawan rasa malu dan bekerja keras serta pantang menyerah maka kesuksesan akan dapat diraih”. Tutupnya. HP Bima(Efan)

0 komentar:

Posting Komentar